Rabu, 29 Juli 2015

Pasca Operasi Kista

Nah ini dia yg di tunggu !! rekam medis hasil tindakan operasi laparoskopi tgl 6 Juni 2015 lalu
saya dan suami sama2 nobar :) nonton bareng hasil operasi saya kemarin. mungkin kalau tau hasilnya seperti ini saya pasti ga bakal berani buat operasi laparoskopi kemarin. NGERI !
20 Juli 2015
semangat bgt mudik lebaran, dari Jakarta - semarang (lebaran 1) kemudian di lanjut semarang - Bandung, bandung-sukabumi, Sukabumi-bandung dan bandung - sukabumi haha saking exited nya, ga kerasa luka operasi yg sudah hampir 1 bulan lebih, sudah kering karena terlalu exited mudik dan ga bisa diem luka operasi ini berdarah lagi, dan infeksi..huhu
25 Juli 2015
akhirnya Pagi- pagi saya kembali ke RS RSIA YPK Mandiri untuk konsultasi mengenai luka operasi pasca laparaskopi yang kembali luka, berdarah dan timbul nanah. mulai antri dr pkl. 08.00 pagi dan baru mulai masuk ruang dokter pkl. 12.00 yaps seperti biasa dokter ini selalu antri pasien :(
menurut dokter sih mungkin kecapean atau tergesek2 oleh celana yg di pakai. akhirnya dokter membuka luka operasi saya, membuka = merobek kembali :( 2 luka di perut saya sebelah kanan dan kiri di robek oleh dokter menggunakan pinset yg sudah di bersihkan oleh alkohol dan di suntikan cairan oksigen ke lobang luka bekas operasi tsb. AMPUNNNN !! sakitnya luar biasa tanpa biusan hiks KAPOK) !!!
kesel bgt campur sakit di bekas luka operasi, habis ini niat bgt bakal lebih perhatian sm luka operasi ini.
akhirnya dokter mewajibkan saya menggunakan perban lagi selama seminggu dan selalu di bersihkan luka tsb dengan revanol. lagi lagi si dokter bilang luka nya gak masalah kena air sewaktu mandi, berhubung trauma takut terjadi infeksi lagi, akhirnya saya memutuskan inisatif untuk membeli 75 lembar plastik perban anti air tegaderm film, perban ini bener2 manjur luka operasi saya kini berangsur - angsur kering karena setiap mandi luka tersebut tertutup oleh plastik anti air.
note : tips buat para pasien pasca operasi laparoskopi
1. setelah perban di buka oleh dokter jangan langsung terkena air pada saat mandi. gunakan plastik perban anti air tegaderm film setiap mau mandi dan jgn lupa lepas kembali setelah mandi, karena luka tidak baik terus menerus di tutup.
2. gunakan rivanol 2x sehari setiaps selesai mandi agar luka terhindar dari infeksi.
3. setelah luka benar2 kering gunakan salep dermatrix agar tidak timbul keloid dan menghilangkan luka pasca operasi.
tips di atas di buat berdasarkan pengalaman saya yang trauma terlalu percaya ucapan dokter, ternyata ga semua ucapan dokter itu benar guys..harus lebih hati2 dan harus lebih care sm diri sendiri :)

6 komentar:

  1. Hai mba.. Boleh tau beli tegaderm filmmya dimana? Berapaan ya? Makasih mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mitta saya beli tegaderm nya di apotek rsia ypk mandiri menteng, memang sih agak sulit ga smua apotek punya tegaderm nya

      Hapus
  2. Hai mbak...saya ika,ada kista coklat 7 cm.rncana hbis lebaran mau laparocopy jg.berapa lama pasca tindakan baru boleh program hamil mbak?makasih

    BalasHapus
  3. Hai mbak...saya ika,ada kista coklat 7 cm.rncana hbis lebaran mau laparocopy jg.berapa lama pasca tindakan baru boleh program hamil mbak?makasih

    BalasHapus
  4. program hamil bisa dilakukan setelah selesai suntik tapros 3x dan sudah mendapatkan haid kembali ��

    BalasHapus
  5. Halo mba...saya marline. Saya baru aja selesai operasi laparoskopi waktu hari rabu kmrn tgl 28 juni 2017. Setelah baca blog mba Novina, kog sama banget pengalamannya spt saya. Smpe skr sy msh bedrest di rmh dan tgl 14 juli besok mau cek jahitan. Oya selama hbs oprs saya dikasih plester anti air. Dan blm pernah dibuka. Msh ngilu sih smpe skr. Tp ga terlalu banget seperti awal2 setlah oprs. Kalo mba Novina sendiri berapa lama pasca oprs bedrest di rmh?

    BalasHapus