Rabu, 17 Juni 2015

Operasi Laparoskopi (Part 3)

it's the daaaayyyyyyyyy !!!! 06 Juni 2015 Pagi hari Pkl. 10.00 WIB sebelum check in rumah sakit nanti sore, hubbydut ngajakin nge mall dlu sambil kuliner makan sepuasnya, karena setelah operasi saya harus menjalankan diet makanan sesuai anjuran dokter, karena untuk menghindari si kista coklat tumbuh kembali setelah operasi. ini dia nih daftar list makanan yg ga boleh lg di konsumsi huhu :(
sedih bgt liat list di atas, semuanya makanan favorit, tp yah demi sehat dan cepet punya baby harus semangat !!!! saya dan suami nyobain resto pasta yg ktnya enak, di daerah senopati nama restoran nya adalah tredici restorante. ok saya memutuskan mau makan yg enak2 hehe
sambil makan pasta oglio olio sambil cerita sm hubbydut tentang pasca operasi laparoskopi, ohh iya btw saya belum cerita gmn tandanya adanya penyakit kista coklat di tubuh kita. setiap haid hari pertama badan saya sakit luar biasa, pegal daerah pinggang, perut kembung mual rasanya mau muntah2, badan sakit semua rasanya seperti nyeri di semua persendian badan, dan super keram di bagian rahim bawah perut, pokonya hari pertama cuma bisa tidur di kasur smbl nangis2 kesakitan dan ini sudah saya alami bertahun2 setiap bulan semenjak saya di bangku kuliah. perut saya rasanya seperti di lilit dan keluar darah2 besar seperti ati ayam pada hari pertama dan itu sakitnya luar biasa huhu :( ohh iyaa...yg bikin saya tenang setelah baca blog tentang operasi ini, operasi laparoskopi ini akan dibius total. Setelah itu, ahli bedah akan membuat sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm di sekitar tali pusar. Melalui sayatan itu, ahli bedah akan memasukkan alat yang disebut laparoskop, yaitu sebuah tabung kecil yang memiliki kamera dan lampu kecil pada ujungnya. Kamera itu akan memperlihatkan kondisi di dalam rongga perut dan panggul pada sebuah monitor sehingga memudahkan ahli bedah untuk melakukan operasi. Pada saat bersamaan, perut saya akan diisi oleh gas karbondioksida agar lebih mengembung. Hal ini memudahkan ahli bedah untuk melihat organ-organ Anda secara jelas. ya gt deh sekilas yg saya baca tentang operasi laparoskopi. saking canggihnya operasi ini, harga tindakan operasi ini jg super mahal hiks...untung aja biaya operasi ini di tanggung sama kantor, alhamdulillah :)
Pkl. 15.00 saya mulai masuk kamar rawat inap di dampingi suami, mami dan mertua saya..alhamduilillah mereka semua tetep ngasih semangat supaya saya ga berhenti berdoa dan tetep semangat ngejalanin pengobatan ini. mlm nya saya di berikan obat pencahar perut oleh suster karena persiapan operasi besok pago pkl 08.000 yahhhh dan saya pasarah ketika suster memasuikan cairan lewat anus yg bikin perut saya mules bgt dan buang2 ke belakang mlm harinya. Pkl. 05.30 pagi hari nya setelah slt subuh berjamaah dengan suami suster masuk ke kamar dan memasangkan infusan di tangan saya..nah ini dia persiapan saya sebelum operasi, super deg2an rasanya campur aduk pengen nangis.
foto itu di ambil oleh suami saya, yg terus ngasih semangat sebelum saya masuk ruang operasi. fuhhhhh alhamdulilah punya suami yg soleh dr mlm dia ngaji dan ga berenti ciumin kening saya smbl ngasih semangat buat jalanin semua pengibatan ini. sebelum masuk ruang operasi saya liat wajah mami dan mertua saya yg sedikit cemas tp tetep ngasih semangat supaya saya kuat hehe kemudian saya di bawa suster pakai kursi roda ke ruang operasi pakaian saya di ganti dengan pakaian khusus operasi dan menggunakan hair cap penutup rambut, dan di pakaikan kaos kaki ktnya sih supaya habis operasi saya ga menggigil. yeaaaayyy!!! it's show time..jreeeng jreeenggggg saya di bawa ke ruang operasi di dlm nya sudah siap banyak monitor, lampu besar, kursi yg seperti tempat penyetruman di film2 haha agak lebay imajinasi nya :p saya di persilahkan duduk oleh suster di kursi tempat operasi tsb, duduk dengan posisi mengangkang dan kaki saya diikat kencang, begitu juga ke dua tangan saya. bahupun di ganjal rapat ktmya mereka nanti kepala saya akan ada di posisi bawah. saya udh ga bisa ngomong apa2 cuma berdoa dalam hati Hasbunallaahu wani'malwakiil álallaahi tawakkalnaa.Cukuplah Allah menjadi penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung. dokter anastesi mulai menyuntikan obat bius ke selang infusan saya, kemudian saya di ajak ngbrl beberapa menit kemudian saya sudah tidak sadarkan diri. yg saya ingat tiba2 suster menepuk2 pipi saya menyuruh saya bangun dan tdk boleh tidur, kemudian saya di giring di pindahkan ke ruang pemulihan. saya melihat ke sekitar semua masih blur kemudian suster memakaikan saya selimut penghangat supaya badan saya tidak menggigil, rasa nya setelah operasi kepala saya pusing, berat, mata bawaan nya pgn tidur, tenggorokan sakit bgt perih karena selama operasi dokter memasukan selang lewat mulut, kemudian rasa perut saya mual kembung karena perut saya selama operasi di gas supaya menggelembung dan rasanya ga enak bgt hiks. ohh iya Mrs. v saya jg sakit ternyata di pasang kateter jd bikin males gerak takut bgt klo gerak bkl bikin sakit, pokonya kebanyakan parno nya deh. setelah itu suami saya di panggil oleh suter ke ruang pemulihan, dia cm senyum smbil terus cium kening huhuhu cm bisa nangis solanya ga bisa ngomong sakit bgt tenggorokan. ada mami dan mertua yg masuk juga ke ruang pemulihan dan mereka nangis2 malah bikin jd gelisah hiks. Pkl. 16.00 saya sudah boleh di pindahkan ke kamar rawat inap, dan di perbolehkan untuk minum tp prut saya ga nerima rasanya mual seperti di perut ada balon gas pingin muntah. ini dia foto yg di ambil suami pasca operasi
yaps...dan selama 2 hari pasca operasi saya ga bisa minum apalagi makan cm muntah2 dan mual hiks :( tp tetep semangat biar cepet sembuh dan punya baby to be continued :)

1 komentar:

  1. mba mw tny2 ttg laparoskopi di ypk dgn dok yusfa..boleh ? klo boleh minta emailny mba

    sy kbtulan jg ad plan dlm wkt dkt LO dgn beliau..ragu2 tapi pasrah mst operasi jg

    BalasHapus